Gembira - Kreatif - Bersih - Peduli

sudah_ikut_misa_sabtu_vigili_haruskah_tetap_ikut_misa_minggu_paskah

 

Tiga hari setelah peristiwa penyaliban Yesus yang diperingati dengan ibadat Jumat Agung, umat Kristiani merayakan Paskah. Gereja Katolik merayakan peristiwa kebangkitan Yesus dengan perayaan Ekaristi.

Gereja Katolik menyelenggarakan misa pada Sabtu dan Minggu. Misa Sabtu dikenal sebagai Misa Sabtu Suci atau Sabtu Vigili, sedangkan Misa Minggu dikenal sebagai Misa Hari Raya Paskah.

Hanya saja banyak orang yang salah kaprah dan beranggapan Misa Sabtu Vigili dan Minggu Paskah adalah sama. Artinya, banyak orang berpikir jika sudah hadir di Misa Sabtu Vigili maka mereka tak perlu lagi hadir di perayaan Ekaristi Minggu Paskah.

Romo Johan Ferdinand Wijshijer, Pr, Pastor Paroki Kalvari mengungkapkan Misa Sabtu Vigili berbeda dengan Misa Minggu Paskah. Hal ini berarti umat Katolik diwajibkan untuk tetap ikut Misa Minggu Paskah sekalipun sudah mengikuti Misa Sabtu Vigili.

“Sebenarnya, Sabtu Vigili dan Misa Minggu Paskah adalah ibadat yang dilakukan sepanjang malam sampai pagi. Namun seiring perkembangan zaman akhirnya dipisah menjadi Sabtu Vigili dan Minggu Paskah,” ucap Romo yang akrab disapa Romo Fe ini.

“Jadi seharusnya Misa Malam Paskah dan Misa Minggu Paskah harus tetap ikut Misa.”

Lebih lanjut, Romo Fe mengungkapkan bahwa perbedaan perayaan Ekaristi antara Sabtu Vigili atau Sabtu Suci dan Minggu Paskah punya liturgi yang berbeda.

“Pada Sabtu Vigili atau malam Paskah, kita mengenangkan kebangkitan Paskah. Seperti kekagetan para wanita ketika menemukan kubur Yesus yang kosong. Dalam Ekaristi Sabtu Vigili, ada liturgi cahaya, exultet (pujian Paskah) yang menceritakan peristiwa keselamatan manusia,” katanya.

“Jadi seharusnya Misa Malam Paskah dan Misa Minggu Paskah harus tetap ikut Misa.”

“Namun pada esok harinya, yaitu Minggu Paskah, adalah peristiwa sukacita. Saat Paskah, kita merayakan Yesus yang sudah bangkit dan kita merayakan sebagai sebuah pewartaan kebangkitan sukacita.”

Lalu bagaimana ‘hukumnya’ jika hanya merayakan satu kali Ekaristi pada Sabtu Vigili saja tanpa Minggu Paskah? Berdosakah kita?

“Dosa atau tidak, diihat dari situasinya kenapa tidak ikut misa. Kalau alasannya karena malas, ya berati bukan semangat yang baik untuk merayakan kebangkitan Kristus. Tapi kalau misalnya ada kepentingan lain yang mendesak, penting, dan tidak bisa ditinggalkan, itu lain cerita. Intinya, Allah itu memperhatikan.”

 

(In)

 

 

 

 

Logo kalvari

"Sungguh indah karya Tuhan bahwa akhirnya pergulatan para tokoh yang tidak pernah berhenti, didukung para gembalanya menerima dekrit dari Keuskupan Agung bahwa tanggal 1 Juli 1995, berdirilah gereja Kalvari"

Alamat

Jl. Masjid Al Umar No.1B, RT.1/RW.12,
Lubang Buaya, Cipayung,
Kota Jakarta Timur,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13810